Minggu, 06 Oktober 2013

MTs BAHRUL ULUM Persiapkan Akreditasi


Sudah berjalan selama 1 bulan ini, MTs Bahrul Ulum mempersiapkan akreditasi. Akreditasi menjadi penting karena selama sekolah/madrasah belum mendapatkan “sertifikat” akreditasi minimal “C” maka sekolah tersebut mesti menginduk, pada beberapa kegiatan penting, ke sekolah/madrasah lain. seperti Ujian Nasional, maka sekolah yang belum terakreditasi tidak dapat menyelenggarakan sendiri, mereka mesti bergabung ke sekolah/madrasah induk. Berbagai bantuan juga, sedikit banyak, terhambat karena pemerintah mungkin menganggap lembaga pendidikan tersebut belum memenuhi standar pelayanan minimal. di sisi lain, sekolah/madrasah mesti menunggu giliran, tidak dapat setiap saat untuk mengajukan akreditasi.Untuk itulah, akreditasi menjadi sangat penting. Maju mundurnya sekolah/madrasah menjadi terkait dengan akreditasi.

Semua sekolah/madrasah menginginkan mendapatkan hasil akreditasi bagus. Nilai yang dianggap bagus biasanya sekitar A atau B. Untuk C dianggap lumayan, daripada D, tidak lulus. karena itu sekolah/madrasah berusaha keras dalam emmepersiapkan diri, sehingga ketika tim akreditasi datang menilai, segalanya sudah siap sehingga mendapatkan nilai tinggi.
MTs Bahrul Ulum Bulu saat ini telah berbenah, ruang kelas, ruang guru dan ruang kepala sekolah bukan hanya dicat, namun juga direhap. Terdapat ruang khusus untuk kepala madrasah, yang sebelumnya masih menjadi satu dengan ruang guru dan ruang TU. Ruang guru sudah disiapkan sendiri. Ruang Perpustakaan dan UKS pun menempati ruang sendiri yang berdampingan dengan ruang guru. Taman kecil di depan kelas juga diperbaiki dan diberi kuota tambahan variasi bunga serta pohon palem sehingga terkesan teduh. Di depan setiap ruang: ruang kelas & TU disediakan wastafel khusus. Semua usaha ini bertujuan agar madrasah dapat memberikan pelayanan yang lebih maksimal, tujuan lain tentu agar pelaksanaan akreditasi berjalan lancar dengan hasil maksimal. Tidak hanya perbaikan fisik, MTs Bahrul Ulum juga melakukan peningkatan mutu guru dengan mengadakan pelatihan, serta pelatihan persiapan akreditasi hasil kerjasama dengan AUSAID dibawah bimbingan Tim MDC Jatim.
Berbagai usaha dan persiapan telah dilakukan, baik fisik maupun non fisik. Tentu harapan kita semoga berbagai usaha tersebut tidak sia-sia dengan memperoleh hasil yang memuaskan. Amin….


Simulasi sudah dilaksanakan sebanyak 2 kali, yaitu:
Simulasi tahap pertama dilaksanakan pada hari kamis 03 Oktober 2013 oleh mentor SSQ Bojonegoro yaitu Bapak Atoillah,
Simulasi tahap kedua dilaksanakan pada keesokan harinya, Jum'at 04 Oktober 2013 dengan Assesor perwakilan MDC Jatim dari Bojonegoro yaitu Bapak Yusuf dan Bapak Khudhori.

 



 Proses simulasi Akreditasi oleh Mentor, Bapak Atoillah


Alhamdulillah... kedua tahapan simulasi tersebut dapat terlaksana dengan sukses, namun di sisi lain masih banyak perlu adanya evaluasi lagi bagi seluruh Tim Akreditasi  MTs Bahrul Ulum demi akreditasi yang sebenarnya.
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar