Sabtu, 06 April 2013

WORKSHOP KTSP II

     
Sabtu, Tanggal 06 April 2013 kemarin MTs Bahrul Ulum Bulu bekerja sama dengan Tim MDC Jatim menyelanggarakan Workshop KTSP Tahap II yang di programkan oleh AUSAID. Acara direncanakan berlangsung selama satu hari dari jam 07.30-16.00 WIB dan diikuti 15 peserta. Workshop di pandu oleh master trainer Dr. Kusaeri (Dosen IAIN Sunan Ampel) dan satu trainer local yaitu Pak Zaenal Arifin. KTSP tahap 2 ini merupakan tindak lanjut dari workshop KTSP tahap 1 yang diselenggarakan tanggal 22-23 Desember 2012. Program ini diorientasikan sebagai proses persiapan menghadapi akreditasi madrasah tahun 2013.
Acara di awali dengan pembukaan Workshop sekaligus pengarahan dari Kepala Madrasah (Ahmad Manshur, M. A). Kemudian dilanjutkan dengan review dan koreksi KTSP Dok I. Peserta dan triner memberikan masukan, kritik dan saran terhadap KTSP Dok 1 baik dalam penyusunan visi, misi, tujuan madrasah, kriteria ketuntasan minimum, pendidikan berbasis keunggulan lokal maupun global dan lain-lain. Sesi ke-2 yaitu review dan koreksi KTSP Dokumen 2 meliputi: Silabus dan RPP. Proses Review Silabus & RPP sama halnya dengan Review Dok 1 dimana Trainer dan peserta workshop memberikan masukan, kritik dan saran serta Tanya jawab tentang pedoman penyusunan Dokumen 2 yang benar sesuai dengan SNP.

       KTSP merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP memberi ruang yang luas bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulumnya sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Setiap satuan pendidikian diberi kewenangan untuk mengembangkan  kurikulum sendiri-sendiri, sehingga kurikulum antara satuan pendidikan yang satu dengan yang lain tidak harus sama/ boleh berbeda. Pedoman utama pengembangan KTSP mengacu pada PP. No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang terdiri dari : Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan standar Penilaian Pendidikan. Mengingat pentingnya KTSP dalam pengelolaan pembelajaran, maka KTSP perlu mendapatkan perhatian penuh dari pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat menghantarkan peserta didik untuk mencapai potensi yang terbaik. Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran untuk lebih memperhatikan pengelolaan pembelajaran yang baik demi memajukan madrasah dan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar