Acara di awali dengan pembukaan Workshop sekaligus pengarahan dari Kepala Madrasah (Ahmad Manshur, M. A). Kemudian dilanjutkan dengan review dan koreksi KTSP Dok I. Peserta dan triner memberikan masukan, kritik dan saran terhadap KTSP Dok 1 baik dalam penyusunan visi, misi, tujuan madrasah, kriteria ketuntasan minimum, pendidikan berbasis keunggulan lokal maupun global dan lain-lain. Sesi ke-2 yaitu review dan koreksi KTSP Dokumen 2 meliputi: Silabus dan RPP. Proses Review Silabus & RPP sama halnya dengan Review Dok 1 dimana Trainer dan peserta workshop memberikan masukan, kritik dan saran serta Tanya jawab tentang pedoman penyusunan Dokumen 2 yang benar sesuai dengan SNP.
KTSP merupakan kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. KTSP memberi ruang yang luas bagi satuan pendidikan untuk mengembangkan kurikulumnya sendiri sesuai dengan kebutuhannya. Setiap satuan pendidikian diberi kewenangan untuk mengembangkan kurikulum sendiri-sendiri, sehingga kurikulum antara satuan pendidikan yang satu dengan yang lain tidak harus sama/ boleh berbeda.
Pedoman utama pengembangan KTSP mengacu pada PP. No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan yang terdiri dari : Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan standar Penilaian Pendidikan.
Mengingat pentingnya KTSP dalam pengelolaan pembelajaran, maka KTSP perlu mendapatkan perhatian penuh dari pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat menghantarkan peserta didik untuk mencapai potensi yang terbaik. Dengan adanya workshop ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran untuk lebih memperhatikan pengelolaan pembelajaran yang baik demi memajukan madrasah dan pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar